by

Bahaya Menggunakan Seat Belt Dengan Cara Yang Salah

-Mobil, Tips-914 views

AutoBild.co.id – Sabuk pengaman atau seat belt merupakan salah satu fitur keamanan yang dibekali pada setiap mobil dimana seat belt merupakan fitur keselamatan bagi pengendara dan penumpang jika terjadi sesuatu yang tidak dinginkan seperti rem mendadak atau kecelakaan. Adapun secara umum, seat bealt atau sabuk pengaman disesuaikan dengan postur tubuh serta dimensi jok mobil.

menggunakan seat belt

Walaupun perannya yang sangat vital bagi keselamatan berkendara, masih banyak orang yang mengabaikan penggunaan seat belt dengan alasan tidak nyaman, atau tergesa-gesa, maupun dengan alasan tidak sesuai dengan postur badan, sehingga banyak orang yag hanya menyelipkan dibelakang punggung untuk menghentikan fitur alarm peringatan yang mengisyaratkan seat belt belum terpasang. Selain itu ada juga pengguna yang menggunakan seat belt dengan cara serampangan sehingga tidak sesuai dengan kaedah fungsi keselamatan seat belt yang bekerja menahan tubuh saat mobil terjadi benturan hebat.

Adapun untuk cara penggunaan seat belt yang benar adalah harut menggunakan prinsip 3 R yakni Rapat, Rata, serta Rendah, yakni webbing atau sabuk pengaman harus rata dan tidak kendor serta rapat dengan tubuh, dan untuk bagian pinggul harus dibawah dari pusar sehingga dengan demikian sabuk pengaman atau seat belt pun akan menjalankan fungsinya dengan maksimal ketika terjadi benturan keras yang dapat menyelamatkan nyawa anda.

Comment

Berita Terbaru