by

5 Tanda Waktunya Ganti Oli

-Mobil, Tips-4,842 views

AutoBild.co.id – Seperti kita ketahui bersama oli merupakan salah satu hal yang vital dan komponen yang sangat penting agar mesin mobil anda tetap awet dan tahan lama tanpa masalah yang berarti, dimana ibarat manusia oli merupakan nadi dan jantung untuk urusan performa mesin, sebab jika anda terlambat atau lama mengganti oli mesin maka otomatis akan mempengaruhi performa mesin, bahkan lebih parahnya lagi dapat membuat seher terbakar dan menyebabkan mobil anda mengalami turun mesin.

 

Dengan pentingnya fungsi oli untuk mesin, maka setiap produsen mobil pun memiliki anjuran dan rekomendasi mengenai kapan waktunya untuk mengganti oli mesin yang biasannya berdasarkan jarak tempuh kendaraan ( kilometer ) atau berdasarkan pemakaian ( bulan ), yang mana lebih duluan tercapai dan lebih cepat lebih baik untuk menghindari keterlambatan atau lupa yang mengakibatkan kualitas akan semakin menurun akibat belum diganti pada jadwalnya.

Selain jarak tempuh atau pemakaian yang jadi patokan, anda juga bisa mengenali waktu yang tepat untuk mengganti oli dengan 5 tanda ini :

1. Cek warna oli
Anda dapat mengecek sendiri apakah oli anda masih layak atau perlu diganti, dengan ciri apabila oli sudah berwarna hitam dan encer itu tandanya oli anda harus diganti.
Warna oli menentukan kapan harus atau tidaknya oli diganti. Dengan demikian, tidak ada salahnya jika sering mengontrol warna pada oli mobil. Jika warnanya sudah hitam

2. Mesin mobil terasa kasar
Jika dalam menggunakan mobil sehari-hari, apabila anda merasa mesin mobil sudah terasa kasar dari biasanya maka itu tandanya oli sudah harus diganti.

3. Cek kartu pengingat ganti oli
Normalnya ketika anda sudah melakukan pergantian oli, pihak bengkel akan memasang kartu pengingat ganti oli dimana hal tersebut bisa jadi patokan anda waktunya untuk mengganti oli.

4. Peringatan mobil untuk ganti oli
Walaupun tidak terdapat pada semua jenis mobil, fitur peringatan untuk mengganti oli sudah dapat ditemukan pada mobil-mobil keluaran terbaru yang terdapat di layar informasi pengemudi yang berada didekat stir, dimana fitur ini akan menyala memberi notifikasi otomatis jika tekanan oli didalam mesin mobil terlalu rendah, dan apabila diabaikan dan terus merendah maka mesin mobil akan mati.

5. Cek tongkat pengukur oli mesin
Untuk mengecek, pastikan terlebih dahulu mesin mobil dalam kondisi dingin, dan anda dapat mengecek dengan membuka kap mobil dan mengukur oli mesin menggunakan tongkat celup yang sudah ada dan terhubung dengan tangki oli untuk mengetahui berapa banyak oli yang tersisa didalam tangki. Apabila anda menemukan sudah tidak sesuai standar, maka anda bisa segera mengganti oli segera.

Sekian 5 tanda waktunya untuk mengganti oli agar mesin mobil anda tetap awet dan tahan lama semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Comment

Berita Terbaru