by

Fakta Terkini Para Konsumen Otomotif Zaman Now Saat Membeli Mobil Baru

-News-550 views

Autobild.co.id – Fakta Terkini Para Konsumen Otomotif Zaman Now Saat Membeli Mobil Baru. Pada dasarnya pemasaran produk otomotif di zaman now ini memang semakin mendekat dengan teknologi digital, khususnya untuk melakukan sejumlah promosi – promosi agar bisa menyasar konsumen yang lebih luas dan besar lagi. Pendekatan digital tersebut pastinya tak lain dikarenakan didorong oleh faktor para konsumen otomotif yang semakin melek internet.

Salah satu marketplace otomotif, yakni mobil123.com iCar Asia Indonesia memaparkan kondisi terkini para konsumen otomotif di Indonesia dan perilakunya pada saat mencari atau pun membeli kendaraan baru. Acara yang dibalut secara informatif tersebut hadirkan dua pembicara, yakni Founder dan EO InboundID yang bernama Ridho Putradi, dan Digital Marketing dan Trainer BigEvo yang bernama Sigit Arifianto.

Menariknya, Country Manager iCar Asia Indonesia, yakni Regia Glamouria menjelaskan bahwa acara tersebut diharapkan bisa memberi insight yang bagus kepada para agen pemegang merek (APM) di Indonesia di tahun 2018 ini. Transformasi digital terjadi dibanyak industri, tak terkecuali di industri otomotif. Kondisi tersebut pastinya bisa jadi tantangan tersendiri, juga kesempatan yang baik asal disiasati secara tepat.

Fakta Terkini Para Konsumen Otomotif Zaman Now Saat Membeli Mobil Baru

Digital Marketing dan Trainer BigEvo yang bernama Sigit Arifianto mengatakan bahwa ada sekitar 68 % pembeli mobil baru mulai melakukan riset pembelian kendaraan tanpa ide sama sekali tentang kendaran yang ingin mereka beli. Mereka mencarinya melalui media apa saja, baik itu online atau pun offline. Akan tetapi sesuai zaman now, yang paling tinggi pencarian dilakukan melalui mesin pencarian atau search engine, yakni sekitar 96 %. Sementara itu pencarian melalui video online sekitar 80 %, word of mouth 77 %, media sosial 63 %, tes drive 63 %, iklan televisi 50 %, diler 50 % dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, Sigit juga menggaris bawahi semakin strategisnya konten video online di sini. Masih gunakan hasil riset Google tersebut, sebanyak 80 % calon pembeli telah memanfaatkan video online selama proses pembelian kendaraan baru. Dikarenakan video bisa bantu mereka dalam mengeksplorasi kendaraan dari berbagai perspektif.

Sementara itu Ridho Putrandi sendiri menjelaskan bahwasannya perilaku digital para konsumen otomotif zaman now sekarang ini juga didorong oleh semakin tingginya penetrasi internet yang ada di Indonesia. Melihat dari hasil riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII di tahun lalu, setidaknya ada sekitar 143 juta pengguna internet di Indonesia. Secara umur, kelompok umur 13 – 18 tahun dan 19 – 23 tahun adalah pengguna terbesar, yakni 74.23 % dan 75.5 %. Koneksi dengan internet pastinya lebih banyak dilakukan secara mobile, yakni sekitar 91 %, bahkan media sosial memiliki peranan cukup penting bagi konsumen otomotif saat ini.

Selain hal tersebut, menurut hasil riset Nielsen, setidaknya ada lebih dari 30 & konsumen berumur 21 – 49 tahun sering lakukan pembelian setelah mereka menonton video. CEO iCar Asia Limited yang bernama Hamish Stone menambahkan permintaan mobil melalui market place otomotif semakin tinggi. Adanya peningkatan yang sangat signifikan terhadap peminat mobil baru lewat aplikasi dan website mereka. Kini sekitar 80 % dari jumlah total pembelian mobil akan gunakan fasilitas seperti foto, video, dan hal lainnya untuk eksplorasi sebuah mobil. Dari berbagai perspektif ini konsumen pada akhirnya bisa menetapkan pilihan untuk membeli mobil apa saja.

Comment

Berita Terbaru