by

Jangan Panik Saat Rem Blong, Ikuti Langkah Ini

-Tips-2,985 views

AutoBild.co.id – Rem blong adalah suatu momen yang dapat sangat membahayakan pengemudi beserta penumpangnya serta orang lain apalagi saat kendaraan melaju dengan kencangnya atau pada saat jalan tanjakan atau penurunan, dan sudah tidak terhitung berapa banyak kecelakaan yang terjadi akibat rem blong yang disebabkan malfungsi rem yang dapat membahayakan anda maupun orang lain disekitar kendaraan anda. Oleh sebab itu dianjurkan untuk selalu memperhatikan kondisi rem kendaraan anda dan memeriksanya secara berkala untuk menghindari hal yang tidak diinginkan apalagi jika akan menempuh perjalanan jauh.

Jangan Panik Saat Rem Blong, Ikuti Langkah Ini

Namun bagaimana mengatasi apabila pada saat perjalanan terjadi rem blong ? Intinya adalah jangan panik, dan berusaha dengan tenang menguasai kendaraan anda sebab kepanikan tidak akan membantu anda bahkan akan membuat sesuatunya akan salah. Pada saat rem blong, ada beberapa cara untuk mengantisipasi serta berusaha menguasai kendaraan yakni sebagai berikut.

1. Menurunkan Gigi secara Bertahap
Rem blong biasanya menyebabkan kecelakaan pada kendaraan yang berkecepatan tinggi, dan apabila pada saat kendaraan berkecepatan tinggi dan menyadari rem blong, anda bisa menggunakan teknik pengereman mesin yakni dengan cara menurunan gigi secara bertahap dari tinggi ke rendah untuk segera mengurangi kecepatan kendaraan anda.

2. Memanfaatkan Rem Tangan
Sewaktu terjadi rem blog, dan anda menggunakan teknik pengereman mesin, anda dapat mengimbangi dengan menggunakan rem tangan, dimana rem tangan dapat dengan sekejap menghentikan laju ban, tetapi sebelum melakukan hal tersebut pastikan laju kendaraan sudah anda turunkan dengan pergantian gigi secara bertahap untuk menghindari ban menjadi selip dan terbalik.

3. Jangan Matikan Mesin
Karena pank, banyak orang yang langsung mematikan mesin pada saat rem blong yang mengakibatkan kendaraan akan sulit di kendalikan. Maka untuk itu, tetap nyalakan mesin agar fungsi-fungsi kendaraan tetap bekerja untuk membantu anda mengendalikan kendaraan, dan carilah sisi jalan yang aman untuk menepi dan jangan lupa nyalakan lampu tanda darurat mobil anda.

4. Jauhkan Kaki dari Pedal Gas
Ketika anda berhasil menguasai kendaraan dengan kecepatan pelan, hindari menginjak pedal gas lagi agar kecepatan mobil anda tidak bertambah. Yang annda butuhkan adalah agar mencari sisi jalan yang aman, dan menghentikan kendaraan untuk segera mengecek rem anda, apakah ada yang mengganjal atau memang malfungsi.

5. Benturkan
Langkah ini merupakan langkah terakhir ketika mengalami rem blong dan anda tidak bisa menguasai kendaraan anda, yakni membenturkan mobil ke suatu yang lunak seperti lumpur, pasir, pohon pisang, sawah, dan sebagainya untuk menghentikan kendaraan anda serta tidak membahayakan kendaraan dan orang di sekitar anda.

Akan tetapi seperti yang telah disebutkan diatas, dimana agar bisa menjalani step-step ini adalah dengan tidak panik, sebab kepanikan tidak akan menolong anda

Comment

Berita Terbaru