by

Begini Cara Rem Mendadak Pada Mobil Matik

-Tips-1,138 views

AutoBild.co.id – Pernahkah anda mengalami momen mengendarai mobil dan tiba-tiba secara mendadak anda harus mengerem mendadak mobil anda untuk menghindari sesuatu yang dapat menyebabkan kecelakaan atau tabrakan. Tentunya lazim yang dilakukan adalah melepas gas dan menginjak secara full rem kaki untuk segera menghentikan laju mobil pada saat darurat yang dikenal sebagai engine brake pada mobil manual. Tapi bagi anda yang memiliki mobil matik, tahukah anda bahwa engine brake dapat juga dilakukan ?

rem mobil matik

Bagi anda yang tidak mengetahui hal tersebut, maka anda perlu lagi lebih mengenal fungsi tombol pada mobil matik, dimana pada mobil matik konvensional terdapat tombol “overdrive” yang terletak pada tuas mobil matik anda. Walaupun sebenarnya pada mobil matik, engine brake akan berfungsi secara otomatis ketika anda melepas pedal gas tetapi ketika anda melaju dengan kecepatan yang sangat cepat dimana momentum berat mobil yang sudah berat, maka tombol “overdrive” akan sangat membantu anda untuk menghentikan mobil anda dengan cepat dan tepat pada saat darurat.

Adapun fungsi tombol “overdrive” adalah fitur tombol untuk menurunkan gigi mobil, dimana untuk semua mobil matik konvensional pasti memeliki tombol tersebut, sementara untuk mobil matik bertipe CVT (Continuosly Variable Transmission) hampir sama saja dengan tipe konvensional yang mana selain melepas pedal gas, anda bisa memindahkan tuas ke tombol “S”

Akan tetapi sebelum melakukan teknik tersebut, jika masih ada kesempatan, anda sebaiknya menurunkan kecepatan anda secara perlahan dengan melepas gas, menurunkan gigi, menginjak pedal rem secara perlahan, dan ketika anda membutuhkan pengereman secara siginifikan, anda dapat menggunakan teknik tersebut.

Comment

Berita Terbaru