by

Isi Bensin Full Tank itu Berbahaya Lho, Kok Bisa ?

-Tips-4,142 views

AutoBild.co.id – Apakah anda termasuk salah satu pengguna kendaraan bermotor yang sering mengisi kendaraan dengan bensin hingga full tank ? Jika iya, berarti anda perlu mengetahui bahwa ada hal yang harus anda perhatikan ketika mengisi bensin atau BBM ke kendaraan anda hingga full tank untuk menghindari hal yang tidak diinginkan bahkan bisa berbahaya.

Bagi anda yang sering mengisi kendaraan dengan bensin/BBM hingga full tank, anda perlu mengetahui bahwa mengisi bensin sangat full hingga menyentuh bibir lubang tangki bensin anda tidaklah baik dan harus kebiasaan tersebut harus dihentikan, dimana hal tersebut sama berbahayanya dengan menggunakan kendaraan dalam keadaan tangki yang kosong. Dianjurkan bagi anda yang ingin mengisi full kendaraan anda, yakni cuman hingga bunyi plop pertama dari mesin SPBU untuk menyisakan ruang antara tangki dan leher tangki, yang mana akan terdengar bunyi plop secara otomatis dari noozle selang dan akan stop sendiri menandakan tangki sudah hampir penuh dan anda pun sudah dapat menghentikannya serta tidak usah menambahkannya lagi.

mengisi bbm full

Alasannya adalah bahan bakar membutuhkan udara agar tidak mengendap, sehingga pastikan tersisa ruang antara tangki dan lubang tangki. Walaupun setiap tangki sudah dilengkapi dengan lubang hawa, namun lubang ini berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan ketika mengisi bensin, dan apabila tangki sudah sangat full dengan bensin, maka lubang hawa akan mengeluarkan gas yang merupakan hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, dimana dari segi kesehatan gas dan uap bensin yang meluber dapat sangat berbahaya bagi udara yang dapat menyebabkan polusi serta berbahaya untuk kesehatan.

Selain itu juga dari sisi ekonomis bisa merugikan anda, sebab apabila anda mengisi tangki hingga full dan meluber maka bensin yang mengucur dari tangki akan dihisap kembali balik ke tangki SPBU karena mesin pengisian SPBU modern telah dilengkapi penghisap uap mesin sehingga anda akan membayar total bensin yang sebagian masuk kembali ke tangki SPBU. Teknologi SPBU modern pada saat pengisian adalah ketika selang pengisian sudah mendeteksi bahwa tangki sudah penuh, maka penghisap otomatis pun akan menyedot uap bensin/BBM yang keluar dari lubang pengisian kendaraan bermotor anda baik mobil maupun motor.

Sekian informasi mengenai saran dan anjuran saat mengisi bensin untuk mobil ata motor anda janganlah sampai terlalu full, sebab bukannya malah lebih irit malah akan membahayakan dan jadi lebih boros. Terima kasih.

Comment

Berita Terbaru