by

Mau Ganti Suara Klakson, Perhatikan Aturannya

-Mobil, Tips-3,444 views

AutoBild.co.id – Tentunya setiap kendaraan bermotor telah dilengkapi dengan klakson yang memiliki peran penting dan fungsi sebagai pengingat kepada kendaran lain atau pengguna jalan yang lain sebagai wujud komunikasi antara pengguna jalan. Namun, banyak pemilik kendaraan yang memodifikasi atau mengganti klakson standar mereka hingga menjadi suara yang lebih besar, atau lebih aneh, bahkan klakson suara hewan dan sebagainya. Tapi tahukah anda bahwa klakson juga memiliki peraturan ?

Yup, menggunakan klakson memiliki peraturan pemerintah yang mengatur akan penggunaannya sebab tidak jarang banyak pemilik kendaraan yang menggunakan klakson bersuara besar hingga memekakan telinga, atau berbunyi yang tidak jelas sehingga kerap menyalahi fungsi utamanya. Nah, untuk menghindari polusi suara dan hal semacamnya dari klakson, maka pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, dimana dalam peraturan tersebut dalama pasal 39 PP tersebut, klakson harus mengeluarkan bunyi dan dapat digunakan tanpa mengganggu konsentrasi pengemudi. Mengenai bunyi piranti itu juga diatur lengkap sebagaimana yang tertera pada Pasal 64 ayat 2, di peraturan tersebut juga dijelaskan suara klakson paling rendah yaitu 83 desibel atau dB (A) serta paling tinggi yakni 118 desibel atau dB (A), yang artinya, setiap pemilik kendaraan mobil maupun motor pun tidak bisa sembarangan dalam memodifikasi suara klakson.

Maka sebaiknya sebagai pengguna kendaraan yang baik, sudah sewajarnya agar kita mengikuti peraturan yang berlaku dan tidak mengganggu pengguna kendaraan lain serta ketentaraman lingkungan sekitar untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan.

Comment

Berita Terbaru