by

Cara Mengemudi Saat Menghadapi Tikungan Sempit

-Tips-708 views

AutoBild.co.id – Bagi anda pemula atau baru belajar mengendarai mobil tentuya ada beberapa hal yang masih belum anda kuasai sepenuhnya dan memerlukan pengalaman yang cukup untuk dapat terbiasa. Salah satunya ada belajar menghadapi tikungan yang sempit sebab tidak jarang dengan kondisi perkotaan yang sangat pada akan kendaraan, akan menyisakan ruang yang sangat sempit bagi mobil untuk bermanuver.

Cara Mengemudi Saat Menghadapi Tikungan Sempit

Mungkin sering anda dapati sebuah jalan yang hanya pas dilalui oleh dua mobil, atau bahkan cuman pas untuk satu mobil karena sempitnya jalan dan harus saling menunggu. Untuk itu, anda memerlukan keterampilan dalam mengatur pedal gas dan kopling, dan juga harus bisa mengendalikan mobil secara pelan-pelan dalam melewati tikungan tanpa membahayakan pengguna jalan lain, atau anda dan mobil anda sendiri.

Hal yang pertama yang harus anda kuasai adalah timing dalam memutar stir mobil, dan tentunya memutar stir ini harus menyesuaikan dengan kondisi jalan dan lebar jalan, sebab cepat atau terlambat sedikit dapat berpengaruh pada belokan mobil anda. Kemudian setelah timing, adalah tahan dan koreksi. Tahan belokan setir jika dirasa sudah benar dengan pengaturan gas dan rem yang selalu siaga, dan kemudian koreksi jika stir terlalu kekanan atau kekiri serta tidak sesuai dengan perkiraan anda.

Kemudian yang sulit adalah meluruskan mobil, juga diperlukan timing yang tepat. Sebab jika melalui tikungan yang sempit ketika anda salah meluruskan dapat berakibat pada mobil yang berbelok kebablasan atau kemungkinan menyenggol sesuatu di sekitarnya, dan ketika hal tersebut terjadi maka jalan salah satunya adalah mundur dan mencoba meluruskan kembali, tapi yang jadi masalah adalah ketika ada mobil lain di belakang sehingga akhirnya anda terekunci di posisi tersebut. Maka dari itu diperlukan timing dan feeling yang tepat dalam meluruskan mobil ketika berbelok melewati tikungan sempit.

Comment

Berita Terbaru