by

Kebiasaan Salah Para Pengguna Motor Matik Yang Biasa Dilakukan

-Tips-438 views

AutoBlitz.id Motor matik telah menjelma menjadi salah satu tipe motor yang paling banyak diminati oleh para pengguna sepeda motor tanah air karena kemudahan dalam mengendarai serta sangat pas digunakan di kota-kota besar yang padat akan lalu lintasnya, dimana pengendara cukup memutar tuas gas untuk berjalan, dan rem ketika berhenti, tanpa harus dipusingkan dengan mengoperasikan kopling ketika pindah gigi.

Kebiasaan Salah Para Pengguna Motor Matik Yang Biasa Dilakukan

Tetapi dibalik kemudahan mengendarai motor matik, ternyata banyak pengguna motor matik yang melakukan kebiasaan yang salah dalam mengendarai motor matik dimana dapat berakibat pada kerusakan dan membuat motor matik menjadi tidak awet. seperti apa kebiasaan yang salah yang kerap dilakukan pengguna motor matik tanpa disadari ? Kebiasaan yang paling fatal adalah ketika melaju di jalan yang sedikit macet, banyak pengguna bermain gas, dan juga tuas rem ikut ditekan yang dapat membuat v-belt dan rumah CVT (continuously variable transmission) cepat rusak. Kebiasaan tersebut dapat membuat v-belt menjadi mudah retak dan batok CVT sedikit meleleh sehingga harus diganti sebelum waktunya. Hal tersebut terjadi karena motor matik kalau di gas terus sambil menekan tuas rem juga, dapat memaksa CVT untuk memutar dan timbul gesekan-gesekan yang akan merusak motor dalam jangka waktu waktu yang lama apabila kebiasaan tersebut terus terulang.

Adapun Vbelt sendiri, idealnya harus diganti setiap 24.000 km dan jangan sampai karena kebiasaan yang salah dapat membuat anda menggantinya lebih cepat demi kenyamanan ketika berkendara.

Comment

Berita Terbaru