by

Hindari Gejala Microsleep Saat Mudik

-Tips-231 views

AutoBlitz.id Menjelang perayaan lebaran dengan libur panjang seperti biasanya akan dijadikan momen mudik bagi banyak masyarakat tanah air untuk berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman tetapi mudik juga akan bisa jadi sangat melelahkan, apalagi bagi anda yang menempuh perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh menggunakan kendaraan pribadi yang mana menuntut anda untuk harus tetap menjaga fokus dan konsentrasi selama di perjalanan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hindari Gejala Microsleep Saat Mudik

Salah satu penyakit yang sering menghinggapi para pengemudi yang mudik adalah gejala microsleep dimana gejala tersebut adalah keadaan badan tertidur, walaupun hanya sesaat, sekitar 1 detik sampai 30 detik, dan bisa juga terjadi saat mata terbuka dan tengah berkendara yang sangat berbahaya. Sebagai contoh ilustrasi, pada saat gejala microsleep datang selama 3 detik dan kendaraan sedang melaju pada kecepatan 70 kilometer per jam maka akan membuat kendaraan tanpa kendali sadar dari pengemudi sejauh 200 meter. Adapun microsleep merupakan bagian siklus jam biologis tubuh, dimana gejala ini akan muncul ketika otak bekerja stagnan, monoton, dan tidak ada tantangan. Gejala ini juga dapat muncul ketika menghadapai jalan yang padat dimana situasi stop and go, dan kemacetan bisa menimbulkan stress hingga akhirnya lalai dan lelah.

Tanda-tanda Gejala Microsleep seperti kaget tiba-tiba ketika diklakson oleh kendaraan lain ketika kendaraan tidak bergerak sementara kendaraan yang lain sudah maju. Atau ketika diajak berbicara penumpang lain, merespon lalu setelah itu diam. Oleh karena itu, untuk menghindari Microsleep saat berkendara adalah membuat waktu periodik untuk beristirahat seperti setiap dua jam sekali berhenti untuk istirahat.

Comment

Berita Terbaru